Kelebihan Haji Khusus

tenda_mina

Haji Khusus adalah haji yang diselenggarakan oleh Travel yang memiliki izin dari Kementrian Agama RI. Keberangkatan jamaah Haji Khusus sesuai dengan porsi resmi dari Kementrian Agama (First Come First Serve). Setelah mendaftar jamaah akan diberikan nomor porsi dan nomor tersebut bisa dicek langsung di website kementrian agama. Cek Porsi Klik Sini

Ada beberapa kelebihan Haji Khusus dibanding Haji Reguler diantaranya:
1. Fasilitas
Sesuai namanya, Haji Khusus menyediakan fasilitas khusus dibanding Haji Reguler, fasilitas tersebut seperti
a. Hotel berbintang di Makkah dan Madinah. Travel penyelenggara Haji Khusus akan menyediakan hotel bintang 5 yang berjarak relatif sangat dekat dengan Masjidil Haram & Masjid Nabawi.

Sementara untuk haji reguler, karena jumlah jamaah yang besar maka selama di Makkah, jamaah ditempatkan di pemondokan sekitar Masjidil Haram, tapi di Madinah, jamaah akan tinggal di Hotel berbintang 4.

b. Apartemen/ hotel transit sebelum pelaksanaan haji.
Sebelum masuk Prosesi Haji yaitu tanggal 8 Dzulhijjah (Tarwiyah) & 9 Dzulhijjah (Wukuf), jamaah akan berada di Makkah namun akan diinapkan di Apartemen/ Hotel Transit.

c. Tenda di Arafah & Mina. Untuk Haji Khusus, fasilitas tenda Arofah dilengkapi dengan AC, Karpet Baru, Buffet/ Prasmanan dll.

Kelebihan lain adalah lokasi tenda di Mina (saat prosesi Lempar Jumrah) Haji Khusus sangat lah dekat, sementara lokasi tenda haji reguler berada di belakang.

d. Makanan, selama di Makkah & Madinah, makanan jamaah haji khusus satu paket dengan hotel (fullboard). Selama di Tenda Arofah & Mina, makanan dalam prasmanan/ buffet ekslusif.

2. Lama perjalanan, 21 – 25 Hari
Memang, untuk lama perjalanan haji khusus lebih singkat sekitar 21- 23 hari. Sementara untuk hari reguler adalah 40 hari.

3. Daftar masa tunggu.
Daftar masa tunggu haji khusus relatif lebih cepat yaitu sekitar 5 – 7 tahun. Daftar Haji khusus bersifat nasional artinya tidak berdasarkan kota/ propinsi. Misal calon jamaah yang daftar di palembang sama dengan calon jamaah yang daftar di Jakarta.

4. Harga.
Tentu dengan fasilitas yang sangat berbeda dengan haji reguler, harga haji khusus lebih mahal. Harga minimal haji khusus adalah 8 ribu USD. Info tambahan, tiap tahun akan selalu ada kenaikan yang kisarannya.