Payung Besar akan dibangun di Masjidi Haram

payung_masjid_nabawi

Jeddah: Pemerintah Saudi Arabia menyetujui proyek pembangunan 300 payung raksasa di halaman Masjid Haram Mekkah seperti yang ada di sekitar Masjid Nabawi Madinah. Gubernur Makkah Pangeran Mishaal bin Abdullah mengucapkan terima kasih kepada raja atas perkenannya guna mengurangi panas yang dirasakan para jemaah haji yang melakukan shalat di halaman masjid di bawah panas matahari. “Kami telah putuskan membangun lebih dari 300 payung raksasa di halaman Masjid al-Haram termasuk wilayah yang baru diperluas,” ucap Syeikh Abdul Rahman al-Sudais, kepala pengelola Dua Masjid al-Haram, Mekkah dan Madinah.

Syeikh al-Sudais menyatakan satu payung raksasa dapat mencakup 275,000 m2 dari halaman yang ada. Jumlah payung yang ada di Masjid Nabawi 250 payung dapat memberikan kenyamanan kepada para jemaah Haji/ Umrah. Payung berbentuk bunga sedang mekar diprogram dapat membuka dan menutup secara perlahan guna menghindari pergesekan saat bergerak antara partikel masing-masing. Gerak senyap payung membentang lebar secara otomatis ketika temparatur berubah.

Saat musim panas, payung raksasa menjadikan halaman teduh dan memancarkan cahaya dengan energi baik. Ketika tertutup di waktu malam, mereka membiarkan residu panas diserap batu lantai dan tembok yang terbuat dari batu agar tidak memantul kembali ke atmosfir. Proses ini kebalikan saat musim dingin. Ketika temparatur relative rendah, payung tertutup di siang hari supaya matahari musim dingin dapat memanaskan tempat, dan membuka saat malam mempertahankan rasa panas pada level terendahnya.

Masjid Haram dilengkapi dengan AC (air conditioned). Temparatur di halaman sekitar yang rendah dapat menghemat konsumsi listrik untuk pendinginan udara di dalam. Sebenarnya ini yang menjadi tujuan pembangunan payung di atas, di samping menciptakan kenyamanan lebih bagi jemaah Haji dan Umrah.

Sumber: Kantorurusanhaji.com