Raja Saudi Resmikan Bandara Baru Madinah

bandar_prince_muhammad_new

Madinah: Pelayan dua kota suci, Raja Salman bin Abdul Aziz semoga Allah senantiasa menjaga beliau, hari ini membuka dan meresmikan Bandara Internasional Pangeran Muhammad bin Abdul Aziz yang baru di Madinah Munawwarah. Bandara baru yang memiliki luas total mencapai 4 juta meter persegi ini, dapat menampung 8 juta penumpang pertahun pada tahap pertama, dan pada tahap kedua bertambah menjadi 18 juta penumpang pertahun. Sedangkan pada tahap ketiga, direncanakan akan menampung 40 juta penumpang pertahunnya.

Ketua Otoritas Umum Penerbangan Sipil (GACA) Sulaiman Abdullah Al Hamdan menjelaskan bahwa bandara Pangeran Muhammad bin Abdul Aziz merupakan pintu gerbang bagi mereka yang datang ke Madinah Munawwarah yang merupakan kota suci mulia kedua. Bandara ini juga merupakan Bandara baru pertama dari deretan bandara baru di Arab Saudi. Bandara ini merupakan bandara yang pertama kali yang dibangun oleh perusahaan bekerjasama dengan pihak swasta, baik pembangunan maupun pengoperasiannya.

Bandara Internasional Pangeran Muhammad bin Abdul Aziz yang baru ini telah mendapatkan sertifikat Golden Category (LEED) untuk bangunan yang ramah lingkungan. Dengan demikian, Bandara ini merupakan Bandara luar Amerika pertama yang mendapatkan sertifikat tersebut.

Sementara itu, Direktur Utama Saudi Arabia Airlines Ir. Sholeh Naser Al Jaser mewakili segenap karyawan mengucapkan terimakasih setinggi-tingginya kepada Raja Salman atas kesediaannya membuka dan meresmikan bandara baru tersebut, Bandara Internasional Pangeran Muhammad bin Abdul Aziz yang Insya Allah akan menjadi lompatan kualitas standar pelayanan yang ditujukan untuk pengunjung kota Rasulullah Saw.

Yang menjadi istimewa Bandara baru ini adalah kemampuannya menampung 8 juta penumpang pertahun pada tahap pertama dan terus bertambah hingga 12 juta pertahun pada tahap hampir selesainya tahap kedua. Bandara ini juga mampu melayani 160 pesawat per harinya.

Sumber: Kantorurusanhaji.com